Rabu, 18 Januari 2023

MARI MENJAGA KELESTARIAN ALAM KITA

5/11/2022
MARI MENJAGA KELESTARIAN ALAM KITA
Penulis : Andi Salim

Keseimbangan alam sepatutnya perlu dijaga dengan baik agar lingkungan kita tetap sehat dari berbagai sumber dayanya yang dapat memberikan berbagai manfaat kebaikan bagi kita semua. Namun disayangkan banyak dari justru menimbulkan berbagai persoalan yang mengganggu keseimbangan habitat alam yang lebih mementingkan ekonomi serta konsumsi makanan sehari-hari, termasuk eksploitasi alam yang menimbulkan berbagai pencemaran lingkungan, sehingga mengganggu habitat makhluk hidup disekitarnya.

Jika alam tidak dijaga keseimbangannya, maka yang terjadi adalah kerusakan dan dampak buruk. Dampak buruk alam akan berdampak juga pada kesehatan manusia. Maka dari itu orang-orang perlu mengetahui pentingnya menjaga kelestarian alam supaya alam tetap seimbang dan bisa bersahabat dengan manusia dan satwa-satwa lain. Kita harus melakukan segala upaya untuk melestarikan dan mengelola keanekaragaman hayati yang ada di alam. Salah satu upaya tersebut dapat dilakukan dengan membuat kawasan suaka margasatwa, cagar alam, dan taman nasional sebagai tempat untuk melindungi tumbuhan liar, hewan, dan habitat alami.

Manusia memang mahkluk pemakan tumbuh-tumbuhan, akan tetapi manusia pemakan daging dan lainnya. Sehingga kita juga kekurangan akan kebutuhan nabati hewani dimasa yang akan datang sebagai sumber nutrisi tubuh manusia. Itulah mengapa kita perlu menjaga dan melestarikan hewan. Apalagi semua hewan berhubungan dengan makhluk hidup dan tumbuh-tumbuhan lainnya, sehingga saling membutuhkan dan saling bergantung antara satu dan lainnya. Maka kita harus menjaga dan melestarikannya, supaya terjadi keseimbangan ekosistem.

Semoga tulisan ini bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH Penulis : Andi Salim 05/06/2023 Apa yang terbersit di pikiran masyarakat ketika memas...