Minggu, 19 Februari 2023

PEMBEKALAN KEPADA GENERASI MUDA MELALUI KETINGGIAN CITA-CITANYA

6/07/2022

PEMBEKALAN KEPADA GENERASI MUDA MELALUI KETINGGIAN CITA-CITANYA
Penulis : Andi Salim

Gantungkan cita-cita mu setinggi langit, bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. Kata itu terlontar dari pendiri bangsa ini, yaitu Ir. Soekarno. Kata itu sengaja didengungkan bagi generasi bangsa untuk meletakkan cita-citanya yang tidak hanya tinggi namun seakan mustahil untuk menggapainya. Itulah key word yang disampaikan beliau dalam pembekalan semangat yang tidak saja harus berani, namun harus pula meneruskan perjuangan bagi kemajunaan bangsanya.

Kecendrungan manusia yang memiliki hasrat untuk maju, berubah, dan berkembang menuju paripurna jati dirinya serta memiliki kwalitas SDM adalah modal utama untuk ikut menentukan arah dunia di masa depan, hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil untuk memberikan arahan tentang naluri perjuangan pada kemajuan yang akan digapai. Merubah diri dan berkembang itu, menurut Soekarno memompa semangat dan sekaligus harapan yang tinggi untuk ditanamkan terhadap mereka akan membakar serta mengobarkan api perjuangan demi estafet kepemimpinan kepada generasi indonesia yang akan datang.

Masa depan generasi bangsa adalah sesuatu yang harus dipersiapkan dan direncanakan. Walau sebagian orang enggan dalam menentukan rencana masa depannya, oleh karena keterbatasan mereka sehingga tidak membuat sasaran secara terarah. Maka melalui tahap pendidikan yang dilaluinya, hingga aktifitas berorganisasi demi menambah wawasan serta menelusuri jenjang tahapan perencanaan baik jangka pendek mau pun jangka panjang yang realistis untuk dicapainya. Tentu hal ini akan dapat memberikan manfaat bagi siapapun yang sengaja melintasi tahapan ini demi melampaui tingkatan pencapaiannya dari waktu ke waktu.

Perencanaan dan persiapan yang telah disusun, harus ditindaklanjuti sebagai pelaksanaan pengembangan diri yang akan dilakukan dengan memanfaatkan waktu, bakat dan kemampuan, yang sebenarnya sudah ada dalam diri siapa pun. Terdapat banyak cara untuk pelaksanaan mengembangkan diri, namun menjadi sosok yang mandiri dalam segala hal bukanlah sesuatu yang mudah, berusaha melihat dan mendengar, serta memperoleh pengalaman dari banyak pihak, agar berakselerasi dengan keinginan atau cita-cita bangsa tentu lambat laun akan tercapai, sebab disinilah titik awal perjuangan itu.

Membantu generasi muda untuk menemukan kelemahan dan berbagai kesalahan sebagai bekal pengalaman juga tidak kalah penting. Sekalipun mungkin akan terasa seperti sia-sia dan menghasilkan kritik yang mereka terima, namun mereka harus disadarkan bahwa tidak semua pekerjaan yang mereka dapatkan itu terkesan mudah dan menyenangkan. Bahkan kemungkinan mereka akan menemukan beberapa pekerjaan yang sulit dan berat pula, serta membosankan dengan berbagai rintangannya. Dengan begitu, mereka dapat memutuskan apakah masih perlui dilanjutkan atau dikecualikan untuk mempersiapkan ulang sebagai penyesuaian terhadap kemajuan pengembangan dirinya.

Dalam mengarungi hidup ini siapapun akan dihadapkan pada sebuah pilihan dan memutuskannya dengan cermat dan penuh kehati-hatian, tidak setiap saat seseorang memperoleh kesempatan yang dihadapkan pada pilihan yang mudah dan cepat untuk diputuskan, segalanya berproses. Tentu terdapat konsekwensi yang harus dibayar, baik waktu, pikiran, tenaga atau bahkan biaya dalam menggapainya. Akan tetapi, tentu saja tidak satu pun dari seseorang yang ingin gagal dalam perjuangan hidupnya, disisi lain mereka tidak boleh enggan pula berproses untuk menghindari kegagalan itu.

Sebuah cita-cita hanya akan menjadi angan-angan selamanya, ketika orang tersebut hanya berdiam diri tanpa melakukan sesuatu apapun. Jika tindakan masing-masing pihak menginspirasi orang lain disekitarnya untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih giat, berbuat sesuatu lebih fokus, maka sesungguhnya mereka telah memiliki Fighting Spirit sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam membangun generasi muda yang memiliki sumber daya manusia yang berkepribadian dan sikap nasionalisme yang tinggi dalam menghadapi tantangan global yang tidak kalah sulitnya. Namun segalanya itu harus dilakukan sebagai kerja keras dan cermat dalam memilih peluang tersedia.

Sehingga tidak mustahil jika bangsa ini akan memiliki daya saing yang kuat bagi antar negara didunia. Bahkan dari sekarang kita mendengar, betapa prediksi ekonomi Indonesia akan tumbuh dimasa depan dengan mengalahkan beberapa negara yang saat ini dianggap hebat dan besar. Hipnotis dari paparan itu sangat mendatangkan kebanggaan bagi kita untuk menunggu kapan dan seperti apa Indonesia sebagai bangsa ini, ikut menentukan percaturan dunia serta disegani oleh bangsa lain pula. Selama ini alasan utama bangga menjadi bangsa Indonesia adalah karena lahir dan besar di negeri ini. Namun kita belum menemukan kebanggaan lain bahwa indonesia pantas dibanggakan pada sisi-sisi pencapaian untuk disejajarkan terhadap bangsa lain didunia.

Semoga tulisan ini bermanfaat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH Penulis : Andi Salim 05/06/2023 Apa yang terbersit di pikiran masyarakat ketika memas...