Senin, 16 Januari 2023

APAKAH PENYEBAB TERJADINYA KERETAKAN PERSAHABATAN

12/11/2022

APAKAH PENYEBAB TERJADINYA KERETAKAN PERSAHABATAN

Penulis : Andi Salim

Begitu keramatnya angka HUT Nasdem kali ini, betapa tidak, HUT saat ini bertepatan dengan tanggal cantik yang jatuh pada tahun yang sama antara urutan tanggal serta bulan di tahun 2022 sekarang, dengan KUT tahun ke 11 sejak Nasdem dilahirkan. Sehingga perayaannya yang dirayakan pada tanggal 11-11-2022 ini seakan begitu istimewa dari perayaan lain dibalik penyambutannya dalam pada momentum kali ini. Namun kemeriahan itu seakan sirna manakala ucapan selamat tidak datang dari seorang sahabat yang begitu kental mengiringi langkah Ketumnya yang sejak 8 tahun lebih mengiringi persahabatan keduanya.

Mungkin diantara kita semua banyak yang memiliki teman, namun itu bukanlah sahabat. Teman dapat saja didapat dari relasi persahabatan artinya hubungan pertemanan jauh melebihi melekatnya hubungan persahabatan. Sebab makna dari sebuah persahabatan, sesungguhnya adalah orang yang selalu bisa menerima kamu apa adanya. Termasuk keluh kesahmu ketika ada persoalan, bahkan tempat mengungkapkan persoalan pribadi dan mencurahkan isi hati yang sulit diceritakan kepada orang lain, istri, saudara kandung, bahkan kepada orang tua sekalipun. Sehingga posisi keberadaan seorang sahabat bisa saja menjadi segalanya bagi kehidupan seseorang.

Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa melepaskan diri untuk menjalin kehidupan dengan orang lain. Keberadaan manusia yang memiliki sifat dasar yang membutuhkan kehadiran orang lain menjadi sangat penting. oleh karena setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, dan dengan kelebihan dan kekurangan itu, manusia bisa saling melengkapi antara satu dengan lainnya. Maka selama kita menjalani hidup, tentu akan bertemu banyak orang dan menemukan teman-teman baru. Termasuk untuk bisa saling bertukar pikiran atau bahkan saling tolong menolong serta saling membantu di saat kita membutuhkan sesuatu atau pun sebaliknya.

Kedekatan seseorang terhadap diri kita, tentu melalui banyak peristiwa yang tidak datang begitu saja. Ada saja yang terkait dari hubungan itu, bahkan tak jarang mereka terikat dengan hutang budi, bahkan tak sedikit terjadi pasang surutnya persahabatan itu dari perselisihan yang dilaluinya, namun segalanya itu justru akan menjadi penguat hubungan mereka, yang pada akhirnya kita akan menjadikannya sebagai sahabat sejati sekaligus orang yang dapat kita percaya dari segenap orang disekitar kita.

Memiliki seorang sahabat tentu menjadi hal yang menyenangkan, sebab sahabat juga merupakan orang yang bisa dipercaya dalam memberikan pandangan terhadap segala masalah yang dihadapi, serta mampu dalam memahami bagaimana sikap dan prilaku seseorang pada setiap keadaan yang mempengaruhi psikologi seseorang, baik dalam keadaan suka maupun duka, karena hanya seorang sahabat yang mengerti cara berfikir dan merespon berbagai hal terhadap diri seseorang.

Sehingga seorang sahabat itu tidak mudah untuk disusupi pihak lain oleh karena dia menguasai pemahaman pada prinsip dan kepribadian yang kita miliki. Banyak orang yang pernah mengalami masalah dengan sahabat terbaiknya, dan situasi tersebut membuat mereka merasa seperti kehilangan segalanya, kenangan kebersamaan dalam mengarungi kehidupan dimasa silam sering tak dapat dilupakan. Seiring berkembangnya waktu, maka kita pun menjadi terpisah jauh dengan sang sahabat. Mungkin saja hal itu terjadi akibat keduanya yang terpisah jarak, atau kesibukan lain yang membuat keduanya terpisah.

Namun cerita mengenai hubungan persahabatan pun menjadi menarik, tatkala Surya Paloh dan Jokowi memiliki hubungan kedekatan diantara mereka yang sejak lama terjalin. Keduanya selalu tampak akrab dan kerap saling memuji. Kedekatan mereka berdua telah lebih dari delapan tahun terakhir, setidaknya antara tahun 2014 silam. Dalam berbagai kesempatan, keduanya tampak saling melempar pujian. Jokowi terlihat sering menghadiri agenda-agenda besar Nasdem, bahkan pernah dalam satu kesempatan Jokowi menyebutkan bahwa hubungannya dengan Surya Paloh tidak hanya sebatas sahabat, tapi sudah layaknya seperti adik dan kakak, yang disebut Jokowi saat menghadiri acara peresmian Nasdem Tower di Jakarta, pada Selasa (22/2/2022).

Pemberitaan KOMPAS.com tertanggal 11/11/22 kemarin begitu mengejutkan, sebab Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo hingga saat ini belum mengucapkan selamat ulang tahun ke partai Nasdem yang berulang tahun pada hari ini. Pasalnya, video ucapan ulang tahun dari Jokowi yang direncanakan diputar di acara HUT ke-11 Nasdem hari ini tak kunjung diputar. Surya Paloh membeberkan jawaban terkait isu keretakan hubungan dengan Presiden Joko Widodo tersebut. Surya Paloh juga mengungkap status Nasdem di dalam koalisi pemerintahan Jokowi usai mencalonkan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

Dari rangkaian tulisan diatas, tentu kita bisa memaklumi bahwa putusnya sebuah persahabatan dapat saja terjadi, manakala hubungan itu saling melukai bahkan dianggap tidak lagi saling menampakkan chemistry baik pemahaman mau pun tujuan hidup masing-masing. Sebab bagaimana pun tidak ada seorang pun yang ingin meninggalkan sahabatnya kecuali bila sahabat itu sendiri yang ingin mengakhiri kedekatan bagi keduanya. Begitu pula Jokowi terhadap sahabatnya Surya Paloh, jalan politik itu memang hak bagi setiap orang, namun bila landasan dan niat baiknya berubah tantu saja hal itu memantik rusaknya hubungan persahabatan mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH Penulis : Andi Salim 05/06/2023 Apa yang terbersit di pikiran masyarakat ketika memas...