Minggu, 22 Januari 2023

KENAPA HARUS PANCASILA YANG DIJADIKAN IDEOLOGY NEGARA

24/08/2022

KENAPA HARUS PANCASILA YANG DIJADIKAN IDEOLOGY NEGARA
Penulis : Andi Salim

Pancasila sebagai dasar negara artinya Pancasila menjadi sumber nilai, norma, dan kaidah bagi segala peraturan hukum dan perundang-undangan yang dibuat dan berlaku di Indonesia. Hal itu berarti peraturan dan hukum yang berlaku harus bersumber pada Pancasila. Baik yang tertulis maupun yang tak tertulis. Sebab didalam Pancasila terdapat point-point yang mencakup semua hal demi terciptanya negara yang berdasarkan nilai-nilai sebagai falsafah bangsa Indonesia.

Negara memberikan kebebasan untuk beriman untuk memilih kepercayaan kita masing-masing tanpa paksaan. Beriman pada Tuhan menurut landasan pada keyakinan sendiri serta bertoleransi antar sesama warga bangsa Indonesia tanpa melihat apapun kepercayaan yang dipilih oleh semua pihak, sehingga menjaga kerukunan antar umat karena perbedaan kepercayaan merupakan landasan yang harus dijunjung tinggi.

Hal itulah yang menjadi alasan kenapa pada sila pertama kita di ajarkan agar tetap rukun dan bersatu padu menjaga harmonisasi ini, walaupun kita memiliki kepercayaan yang berbeda-beda. Sebab kerjasama antar semua warga negara Indonesia di wajibkan untuk mewujudkan cita-cita kita menciptakan perdamaian serta tidak menebarkan kebencian terhadap siapa pun.

Kata kemanusiaan yang adil dan beradab adalah mengandung nilai suatu kesadaran sikap moral dan tingkah laku manusia yang didasarkan pada potensi budi pekerti serta hati nurani manusia dalam hubungannya dengan norma-norma dan kebudayaan yang pada umumnya baik terhadap diri sendiri atau pun terhadap sesama manusia serta terhadap lingkungannya untuk saling mengakui persamaan derajad, persamaan hak dan kewajiban setiap manusia.

Tentu saja tujuan dari itu akan menciptakan peradaban yang terus berkembang dari generasi ke generasi selanjutnya, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya. Sehingga bangsa Indonesia akan dikenal sebagai bangsa yang khas dan memiliki perbedaan terhadap bangsa lain didunia. Walau secara internal kita sendiri kaya pada perbedaan tersebut, namun keterikatan pada semboyan bhineka tunggal Ika adalah keniscayaan yang tak terbantahkan pula.

Kesadaran untuk menumbuhkan sebuah semangat yang rela berkorban demi bangsa, negara, serta tanah air dalam menjaga sebuah negara dari serangan para musuh yang mengancam kedaulatan negara, baik itu dari luar negeri maupun dalam negeri merupakan bagian penting bagi tumbuhnya sikap nasionalisme bagi rakyatnya. Pengertian nasionalisme yang diharapkan adalah suatu paham yang berisi kesadaran dari tiap-tiap warga negara yang merupakan bagian dari suatu bangsa Indonesia untuk berkewajiban mencintai dan membela negaranya.

Sehingga kewajiban seorang warga negara tersebutlah yang menjadi dasar bagi terbentuknya semangat kebangsaan Indonesia. Oleh karenanya, sikap nasionalisme ini menjadi suatu sikap yang militan untuk mencintai tanah air atau bangsa dan negara sebagai wujud dari cita-cita dan tujuan yang diikatkan pada sikap-sikap politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebagai wujud persatuan atau kemerdekaan nasional dengan prinsip kebebasan, kemerdekaan dan pemerataan kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi, baik secara langsung atau pun melalui perwakilannya. Hal itu agar dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Setiap warga negara turut hadir baik secara langsung atau melalui perwakilannya guna ikut menentukan nasib bangsanya sendiri.

Penegasan yang dimaksudkan pada ketentuan demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang pada pelaksanaannya mengutamakan asas musyawarah mufakat untuk kepentingan bersama bagi seluruh rakyat Indonesia, hal itu bersumber pada kepribadian dan juga falsafah hidup bangsa Indonesia. Dimana bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dan memiliki 17.000 pulau besar dan kecil, oleh karena itu setiap keadaan kebangsaan tersebut harus tertampung dalam sistem Demokrasi Pancasila untuk diaplikasikan kedalam kehidupannya, agar menjunjung tinggi bagi kemajuan bangsanya.

Keberadaan pancasila pun memiliki peran dalam meningkatkan integritas penegakan hukum, dimana pada pasal lima, Pancasila memiliki perwujudan sebagai Sosial Justice, dengan mendorong aparat-aparat penegak hukum dalam menghayati, menggali, mencari dan menemukan nilai-nilai yang terdapat di dalam jiwa masyarakat Indonesia agar tercipta keadilan yang bukan hanya keadilan hukum semata melainkan juga keadilan sosial. Hal itu melihat keadaan sosial dan budaya merupakan bagian dari kehidupan masyarakat di Indonesia.

Sosial yang berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat sekitar. Dan budaya yang berarti segala sesuatu yang mengandung cinta dan rasa. Sosial budaya juga berkaitan erat dengan nilai-nilai pancasila dan menjadi pedoman dalam bersosial dan berbudaya. Dewasa ini tidak mudah dalam menciptakan sosial budaya dengan ciri khas Indonesia dan berdasarkan pancasila. Dalam lingkup sosial sekarang lebih ke individualis, dalam lingkup budaya sekarang lebih dipengaruhi budaya asing. Sosial dan budaya termasuk juga dalam sikap, etika, dan karakter warga negara.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH Penulis : Andi Salim 05/06/2023 Apa yang terbersit di pikiran masyarakat ketika memas...