Minggu, 22 Januari 2023

MEMBANGUN SUMBER TOLERANSI YANG REALISTIS GUNA MENUNJANG IDEOLOGY BANGSA

25/08/2022

 MEMBANGUN SUMBER TOLERANSI YANG REALISTIS GUNA MENUNJANG IDEOLOGY BANGSA

Penulis : Andi Salim

Suatu ideology mutlak diperlukan dalam mempertahankan kerangka menyeluruh bagi tiang-tiang konstruksi kedaulatan suatu negara, maka Ideologi Pancasila di pandangan penting untuk mempertahankan nilai-nilai luhur budaya dan religius yang merupakan elemen bangsa Indonesia. Hal itu berarti setiap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu harus dapat tetap landed untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam hal melakukan upaya itu, hanya sikap saling bertoleransilah yang dapat menjaga hubungan masyarakat agar tetap harmonis di tengah perbedaan. Dengan adanya sikap toleransi, kenyamanan dan ketenteraman masyarakat akan terjaga tanpa adanya sekat yang membatasi serta konflik karena perbedaan tentu dapat ditekan secara terus menerus. Sikap toleransi bertujuan untuk mencegah terjadinya perpecahan akibat terlalu banyaknya perbedaan. Beraneka ragamnya perbedaan yang dimaksud dimulai dari perbedaan suku, budaya, agama, sampai dengan status lainnya.

Toleransi beragama, yang merupakan sikap saling menghormati dan menghargai antar penganut agama lain, agar menjaga keyakinan dari pihak lain, serta tidak mencela atau menghina agamanya serta merelakan diri agar memberikan independensi untuk memilih keyakinan serta pengakuan ketuhanan yang berbeda harus disikapi sebagai hak kemanusiaan tanpa terganggu oleh siapapun dan dengan alasan apapun. Hal itu disikapi dengan tidak melarang ataupun mengganggu umat agama lain untuk beribadah sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

Mengedepankan sikap toleransi kemanusiaan sebagai landasan dalam realitas sosial khususnya dalam menghadapi perbedaan ras, suku, atau pun etnis dan status sosial lain yang menjadi faktor Kemanusiaan adalah merupakan kunci sentral dalam mewujudkan harmonisasi, kolektifitas, dan solidaritas dari seluruh pihak, baik stakeholder maupun masyarakat sebagai sikap bagi tegaknya harkat dan martabat dari setiap individu agar lebih mendahulukan kemuliaan kemanusiaan itu sendiri. Point inilah yang disesuaikan dengan sila ke dua dalam Pancasila yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab atau Humanism.

Sikap toleransi untuk mempersilahkan siapapun atau dari suku manapun dalam upaya mengikatkan diri dalam ikatan persatuan dan kesatuan bangsa dimaknai sebagai bergabungnya pihak lain kedalam instrumen kebhinekaan yang manunggal dalam simbol Ika yang terdapat pada semboyan Garuda sebagai lambang negara, hal itu semestinya dimaknai sebagai sikap nasionalisme yang merupakan bentuk kecintaan pada tanah air atau bangsa dan negara sebagai wujud dari cita-cita dan tujuan yang diikatan kedalam sikap-sikap politik, ekonomi, sosial, dan budaya dari manifestasi kemerdekaan nasional.

Kondisi bangsa yang harus berbeda pilihan dalam penyelenggaran pemilu, baik dimulai pada pilihan partai, atau pun pemilihan kepala daerah dan pemilihan presiden dan wakil presiden yang secara langsung dipilih oleh rakyat melalui Pemilihan Umum (Pemilu), harus dimaknai sebagai toleransi demokrasi, sebab pandangan dan aspirasi dari setiap individu itu memang seharusnya diwujudkan sebagai kewajiban dari setiap warga negara untuk memilih demi kesinambungan kepemimpinan yang didasarkan demokrasi Pancasila, dimana masyarakat harus terlibat serta berpartisipasi kedalam pesta rakyat tersebut.

Pengertian untuk mewujudkan toleransi yang berkeadilan sosial terhadap masyarakat majemuk, sebagaimana tertuang dalam sila kelima Pancasila yaitu "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia", memang disadari bahwa secara komulatif hal itu belum tercapai sepenuhnya, namun dampak persoalan itu tidak boleh dijadikan alasan untuk memicu gerakan intoleransi dan tindakan anarkis serta mendeskreditkan pemerintah sebagai kelompok yang dianggap lalai. Akan tetapi masyarakat harus menangkapnya sebagai sikap Toleransi terhadap social justice atau kepedulian sosial bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH Penulis : Andi Salim 05/06/2023 Apa yang terbersit di pikiran masyarakat ketika memas...