Kamis, 23 Februari 2023

MELALUI PERAYAAN ISRA MI'RAJ MARI JADIKAN GENERASI DIGITAL ISLAM YANG TANGGUH

TOLERANSI INDONESIA
19/02/2023

MELALUI PERAYAAN ISRA MI'RAJ MARI JADIKAN GENERASI DIGITAL ISLAM YANG TANGGUH
Penulis : Andi Salim
Perubahan jaman dari Era digital yang saat ini berkembang adalah suatu masa yang sudah mengalami pertumbuhan dalam segala aspek kehidupan yang menjadi segala sesuatu menjadi mudah. Perkembangan era modern ini juga terus berjalan tanpa bisa dihentikan dibalik keberadaannya yang sedikit mengkhawatirkan, namun sebenarnya masyarakat sendiri yang meminta dan menuntut agar segala sesuatunya menjadi lebih praktis dan efisien.
Akan tetapi tentu ada dampak negatif yang akan diterima khususnya dari begitu mudahnya akses untuk mendapatkan sesuatu baik informasi atau barang yang tersedia secara praktis tersebut. Dampak negatif yang bisa terjadi dalam perkembangan teknologi komunikasi. Kemajuan teknologi komunikasi yang ada sekarang justru menurunkan semangat juang bagi sebagian orang. Karena segalanya terasa begitu terbuka, apalagi terdapat fitur yang kurang pantas untuk dikonsumsi anak-anak.
Walau ada filter untuk memproteksi guna menghalangi akses anak-anak guna mwngkonsumsinya, namun terdapat pihak lain yang juga menyediakan fitur lain yang menerjang untuk memperoleh akses yang menuju kearah sana. Tentu saja hal ini mencemaskan para orang tua, disisi lain hal itu dikhawatirkan meningkatnya kasus pemerkosaan dan penyimpangan seksual serta penipuan yang semakin berkembang diberbagai daerah dengan sasaran remaja sebagai objeknya.
Namun objektifitas era digital saat ini bukanlah sekedar menghitung dampak negatifnya saja, sebab iklim persaingan juga merupakan bagian dari wujud kehadirannya pada masa ini, dimana ketidak mampuan mengakses dan menjangkau informasi yang luas adalah bagian persoalan terpenting yang harus diselesaikan pula. Apalagi banyak dari generasi muda kita yang mengalami kemajuan secara individu justru dengan mengakses teknology dan memanfaatkan kemudahan fasilitas yang tersedia sebagai cara memperoleh usaha baru serta berhasil dibidangnya.
Dunia Islam perlu merespon ini secara cepat dan terukur, jika tidak, maka generasi muda Islam akan tenggelam pada kelamnya pengaruh negatif yang akan menelannya secara massal oleh karenanya kegiatan syi'ar yang manual dan terkesan usang serta lemot itu harus segera di upgrade dan dirubah demi adjusment era dari jaman yang mengalami perubahan yang cepat dan pesat ini. Sehingga forum dakwah yang semula mengandalkan informasi dari sepihak, kini menjadi interaktif dan pembahasannya yang komprehensive pula tentunya.
Sebab jika pola dakwah yang dahulu tidak mudah untuk memperoleh perbandingan informasi dan pengetahuan dari wawasan para pendakwahnya, maka kini hal itu menjadi suasana yang terkompetisi untuk ditelanjangi dan terbuka secara publik, sehingga apabila kemampuan pendakwahnya tidak segera di upgrade, akan mudah terbaca dan ditangkap sebagai kelemahan bagi generasi muda yang kritis hal itu dikarenakan mereka dipersenjatai tekhnologi yang sangat mapan pada generasinya.

Tujuan penulis tidak lain adalah demi merespon demikian pentingnya akselerasi dan penyesuaian pada iklim digital yang berkembang saat ini, semoga peringatan Isra mi'raj kali ini membawa harapan bagi generasi Islam Indonesia yang berkemajuan dan landing pada suasana globalisasi yang menuntut eksistensi dan modernitas yang terus mengalami perubahan. Selamat merayakan Isra mi'raj, semoga Allah SWT merahmati kita semua. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH

TAHUN POLITIK MEMPENGARUHI TURUNNYA KINERJA PEMERINTAH Penulis : Andi Salim 05/06/2023 Apa yang terbersit di pikiran masyarakat ketika memas...